Rabu, 28 November 2012

Bisakah RIM Berjaya dengan BlackBerry 10 ?

Posted by Zulfikar Alvin Fachrizi On 06.51 No comments

Bagi Thorsten Heins, posisinya sebagai CEO RIM akan aman apabila dia tidak membuat kesalahan dalam jangka waktu enam bulan ke depan. Pada peluncuran BlackBerry 10 pada 30 Januari tahun depan, Heins berharap RIM bisa kembali memasuki babak baru pada pasar smartphone.
Meskipun, hal sebaliknya bisa terjadi apabila RIM tak bisa memulihkan popularitas dan penjualannya yang selama ini sudah anjlok. Dengan dua produk baru yang akan mereka luncurkan, dan kemitraan yang lebih luas, Heins dan timnya merasa cukup optimistis. Berikut adalah pendapat pemimpin RIM mengenai generasi terbaru BlackBerry tersebut ketika diwawancarai situs Cnet.

Bagaimana RIM memosisikan diri di bidang baru dari BlackBerry 10 ini?
Jelas kami akan bekerja pada pasar tempat kami berada sekarang, yang merupakan smartphone, tablet, perusahaan, dan konsumen. Tapi alasan utama kami membuat platform baru ini adalah tidak hanya membuat sistem operasi smartphone ataupun tablet baru kan? Saya memercayai dan memerhatikan saat saya berdebat dengan para ekonom dan konstituen pasar, apakah kami akan beralih pada sebuah kurva pertumbuhan ekonomi nirkabel.
Bagaimana ini akan terjadi? Ini akan menjadi komputasi mobile. Karena perangkat yang baru Anda lihat memiliki kekuatan komputasi yang hampir setara dengan sebuah laptop. Jadi apakah Anda akan beralih dari komputasi yang terikat pada suatu tempat pada kekuatan komputasi yang selalu tersimpan di pinggang Anda. Coba Anda bayangkan, seberapa besar perubahan yang akan terjadi di dunia industri dan perusahaan. Ini sangat sangat menarik. Ide utamanya tak hanya menciptakan sebuah sistem operasi smartphone yang baru, juga untuk mengangkat perusahaan ini sebagai pemimpin komputasi mobile.

Bagaimana Anda bisa membedakan BlackBerry 10 dengan smartphone lain? Apakah ini menggunakan QNX? Apakah akan ada tablet lain yang dirilis di masa yang akan datang?
Tidak, ini jauh lebih baik dari itu. BlackBerry 10 benar-benar sebuah platform baru. Itulah mengapa kami pada dua tahun yang lalu mengambil keputusan besar ketika kami harus memilih antara bergabung dengan platform open-source atau membuat platform milik kami sendiri. QNX adalah sistem operasi yang bagus, tapi ini pada dasarnya hanyalah sebuah sistem operasi.
Platform ini didasari dari semua driver, semua kerangka aplikasi, dan ketika kami berbicara dengan pengembang aplikasi mereka menceritakan pada kami tentang apa saja peralatan pengembang yang mereka butuhkan. Dan kami mendapatkan umpan balik yang sangat bagus. Pada dasarnya ini adalah sebuah platform komputasi mobile yang fantastis.

Tapi seperti apakah bentuknya? Maksud saya, Anda sudah mempunyai smartphone, mungkin Anda akan merilis tablet...
Mmm

Apakah itu artinya iya?
Kami sedang memikirkannya

Oke, apalagi? 
QNX sangat aktif di otomotif, membutuhkan banyak energi. Apa yang Anda lihat di Blackberry 10 adalah elemen yang kami namakan kerangka agregasi, kerangka adaptasi, dan kerangka industri. Bayangkan hal ini dalam sebuah industri.
Saya akan memberi contoh. Misalnya di rumah sakit. Saat dokter datang ke kamar pasien, NFC (near field communication) menyentuh tempat tidur pasien, lalu si dokter secara otomatis akan memperoleh semua data tentang pasien itu dari catatan rumah sakit. 
Contoh lain adalah mobil. Apakah yang terjadi pada mobil saya? Apakah ada piranti lunak versi terbaru untuk mobil saya? Apakah perangkat keras terbaru untuk mobil saya sudah ada? Adakah sesuatu yang harus saya lakukan untuk mengganti sesuatu? 
Ini adalah kerangka kerja umum yang bisa kita terapkan pada banyak hal, keuangan, kesehatan, otomotif, dan lain-lain. Kami ingin menjadi penyedia platform utama, kami ingin menjadi pemimpin di dalam platform komputasi mobile ini.

Orang lain akan membuat peralatan rumah sakit ini
RIM tidak tahu bagaimana cara kerja pelayanan di rumah sakit. Kami hanya memiliki sebuah platform yang akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi di rumah sakit secara drastis. Inilah pandangan kami akan masa depan. Ini tidak akan terjadi dalam jangka waktu enam bulan ke depan. Tapi ini adalah saat yang tepat bagi perusahaan kami untuk bergerak ke sana, karena kesempatan besar ada di sana.

Apakah RIM harus berjuang melawan Android, Microsoft, dan Apple?
Tentu saja. Maksudku persaingan selalu ada di dalam inovasi dan pertumbuhan, ini adalah hal yang bagus. Kami punya perasaan yang bagus akan hal ini, karena kami telah melewati masa-masa menakutkan saat membangun platform baru dalam waktu dua tahun. Ini adalah platform komputasi mobile yang paling canggih di planet ini, karena ini adalah hal baru, dan ini benar-benar dirancang untuk memenuhi persyaratan yang ada.
Kami memberi respek besar untuk sesuatu yang mereka kerjakan. Mereka mempunyai insinyur hebat, mereka juga mempunyai desainer andal, tetapi sistem operasi yang ada saat ini sudah berumur lima tahun, juga ada sistem operasi yang sudah mulai terpecah. Jadi kupikir kami mempunyai kesempatan yang cukup baik dalam hal ini. Meskipun begitu, kami tidak boleh membuat kesalahan, karena ini tetaplah hal yang sangat kompetitif.

Bagaimana RIM akan bersaing di pasar yang sudah dewasa ini?
Kami akan mengadakan acara promosi di seluruh dunia pada tanggal 30 Januari dan seterusnya.  Ada banyak rencana yang sedang dikerjakan oleh Frank Boulben (Chief Marketing Officer RIM). Kami belum bisa memberi informasi secara rinci tentang hal ini, namun satu yang bisa kami pastikan, adalah kami akan memberikan perkenalan secara bertahap kepada konsumen, tentang apa itu BlackBerry 10 dan apa kegunaannya untuk mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Youtube